Tugas dan Fungsi

/Tugas dan Fungsi
Tugas dan Fungsi2019-10-15T02:30:54+00:00

TUGAS DAN FUNGSI

Adapun Tugas dan Fungsi UPT Kearsipan Universitas Mataram sebagai berikut :

  1. Tugas :
  • Menyusun kebijakan di bidang Kearsipan;
  • Menerima, mengolah, menata dan menyimpan, menyusutkan, melakukan pemeliharaan dan menyajikan informasi  Arsip  Inaktif  di  Univeritas Mataram  dengan retensi 10 (sepuluh) tahun ke atas atau yang berketerangan dipermanenkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Melakukan penataan sistem Kearsipan di Universitas Mataram;
  • Perawatan dan pelacakan Arsip serta pengembangan teknologi Kearsipan di Universitas Mataram;
  • Preservasi dan konservasi Arsip Statis di Universitas Mataram;
  • Akuisisi Arsip Statis di Universitas Mataram;
  • Akses dan layanan Arsip Statis di Universitas Mataram;
  • Penyelenggaraan kerja sama di bidang Kearsipan;
  • Pembinaan Kearsipan terhadap Unit Kerja pada Rektorat, Fakultas, Civitas Akademika, dan/atau Unit Kerja dengan sebutan lain di lingkungan Universitas Mataram.
  • Penyelamatan dan pengamanan Arsip Vital dan Arsip Terjaga di Universitas Mataram;
  • Memusnahkan Arsip sesuai dengan prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengelola Arsip Statis di Universitas Mataram;
  • Melakukan evaluasi Penyelenggaraan Kearsipan di Universitas Mataram; dan
  • Menyampaikan laporan Penyelenggaran Kearsipan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Rektor Universitas Mataram.
  1. Fungsi :
  • Melaksanakan pengelolaan arsip statis yang diterima dari Bagian, Unit, Lembaga, dan Fakultas serta civitas akademika yang ada di Lingkungan Universitas Mataram;
  • Melaksanakan pengelolaan arsip inaktif yang memiliki retensi sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun yang berasal dari satuan kerja dan civitas akademika di lingkungan Universitas Mataram; dan
  • Melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan di lingkungan Universitas Mataram.