Sejarah

/Sejarah
Sejarah2019-10-15T02:29:10+00:00

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 116 Tahun 2014  tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Mataram tanggal 14 Oktober 2014,  dalam pasal 97 huruf e disebutkan keberadaan UPT Kearsipan. Kearsipan sebagai salah satu organ pengelola Unit Pelaksana Teknis Universitas Mataram juga dipertegaskan dalam pasal 34 huruf e Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2017 tentang Statuta Universitas Mataram.

Namun demikian, pembentukan UPT Kearsipan sebagai organ Unit Pelaksana Teknis Universitas Mataram  yakni pada masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.Hum., pada  tanggal  17 September 2018 ditetapkannya Peraturan Rektor  Universitas Mataram  Nomor  7 Tahun 2018 tentang  Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Kearsipan.

UPT Kearsipan merupakan Unit Penunjang bertugas melaksanakan pengelolaan arsip,  berkedudukan di bawah Rektor, dalam  pelaksanaan tugas dan wewenangnya berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Mataram.

Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut UPT Kearsipan menyelenggarakan fungsi menyusun rencana, program dan anggaran; melaksanakan pengelolaan arsip; dan melaksanakan urusan Tata Usaha.

Dengan terbentuknya UPT Kearsipan sebagai salah satu organ Universitas Mataram, maka untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, UPT Kearsipan melalui Surat Keputusan Rektor Universitas  Mataram tanggal 22 November 2018 Nomor : 3028/UN18/KP/2018 tentang Pengangkatan Pengelola UPT Kearsipan Universitas Mataram dengan susunan  sebagai berikut : Prof. Dr. Lalu Husni, S.H., M.H. ( Pengarah ); Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si. (Penanggung Jawab); Ikhwan, S.Sos., M.M. (Kepala); Insan Rahmana, S.T. (Koordinator);  sebagai tenaga administrasi:  I  Gst. Ayu Marjastuti ,  Dedy Mulyadi,  Syarifuddin Zohri, dan Maemunah.

Pengangkatan Pengelola UPT Kearsipan Universitas, mengalami perubahan  seiring dengan pemilihan dan perubahan Wakil Rektor Universitas Mataram. Sehingga pada pada tanggal 7 Januari 2019,  Rektor Universitas Mataram menetapkan dan menerbitkan Surat Keputusan Rektor, Nomor : 0068/UN18/KP/2019 tentang Pengangkatan Kepala dan Koordinator UPT Kearsipan Universitas Mataram Periode 2019-2023 yakni : Ikhwan, S.Sos., sebagai Kepala, dan Insan Rahmana, S.T., sebagai Koordinator Tata Usaha UPT Kearsipan dan disusul dengan perubahan tenaga administrasi dan Pengelola Arsip yakni  Dedy Mulyadi,  Athar, serta tenaga Celaning Service dan Pramu Kantor kebersihan Agus Salim.

Sebagai bentuk implementasi penyelenggaraan dan operasional, kegiatan pelayanan. Diawal pembentukannya telah memiliki sarana ruangan yang berada di sebelah Selatan lantai 1 (satu) Gedung UPT Perpustakaan, serta memiliki  prasarana memadai untuk kegiatan administrasi secara efektif dan efisien. Dengan demikian UPT Kearsipan Universitas Mataram senantiasa terus berusaha melakukan pengembangan baik secara internal maupun eksternal, sehingga tujun, fungsi, visi dan misi dapat tercapai guna memberikan pelayanan yang lebih optimal terhadap Universitas Mataram, Unit dan Lembaga, Fakultas, Program Studi, Jurusan serta seluruh Civitas Akademika yang ada di Lingkungan Universitas Mataram.